You are here → Home √ Indonesia Tempoe Doloe

Indonesia Tempoe Doloe

Dipublikasikan oleh Ilham Bachtiar pada Wednesday, May 23, 2012

G
ambar berikut saya dapat dari sebuah situs berbahasa belanda, untuk melihatnya langsung sobat bisa mengetikan  http://kitlv.pictura-dp.nl.  Tinggal ketikkan nama daerah yang ingin sobat cari fotonya pada kotak search maka akan keluar koleksi foto-fotonya. Misalnya: Jakarta


Jalan Braga, Bandung. abad 20
Lumayan agar kita bisa mengenang bagaiman indonesia doloe, juga untuk mengingatkan kembali kepada kita bagaimana besarnya jasa-jasa para putra bangsa pahlawan NKRI. Tentang gambar? Gambar berbicara lebih banyak dari ribuan kata. Begitulah ungkapan yang seringkali kita dengar mengenai manfaat yang begitu vital dari sebuah gambar atau foto. Ketika kita sulit memahami sebuah kejadian yang dipaparkan dengan rangkaian kata-kata, maka sebuah gambar atau foto bisa memberikan kepada kita sebuah gambaran yang lebih detail. Melalui gambar atau foto kita bisa mengetahui bagaimana sebuah peristiwa terjadi, tak hanya peristiwa yang sedang hangat dibicarakan di masa kini namun juga peristiwa-peristiwa yang telah menjadi sejarah.

Saat ini, sebagian besar dari kita tidaklah sulit untuk mengabadikan sebuah momen dalam sebuah gambar atau foto. Perhatikan, kita pasti memiliki puluhan atau ratusan foto pribadi mulai dari foto narsis, kuliner, atau peristiwa unik yang kita simpan di ponsel atau komputer dan juga kita unggah di media sosial semacam Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest dan sebagainya. Dan melalui media sosial tersebut, kita juga bisa mengintip aktivitas teman-teman kita, bahkan aktivitas figur publik yang ada. bener nggak?

Berbekal rasa penasaran untuk melihat kembali masa lalu Indonesia, akhirnya saya pun berhasil menemukan beberapa gambar-gambar berikut : :)

Foto Indonesia Tempoe Doloe 


Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Sumber : http://kitlv.pictura-dp.nl



39 Komentar:

  1. indonesia sekarang sudah sangat jauh berbeda dengan Indonesia tempo doloe sobat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Pak, rasanya pengen balik barang sebentar ke indonesia abad 19. hhe :D

      Delete
  2. " Gambar berbicara lebih banyak dari ribuan kata " betul itu dan gambar di atas serasa alami banget. Merindukan akan keteduhan jaman dulu.
    Blognya semakin berkarakter dan ok punya. Setiap postingan jangan lupa sertai gambar biat lebih terasa hidup. Jadi iri nih, Jempol dua untuk blog ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, Sobat ---- sipa nih namanya? terlalu memuji. jempol aja cukup kq buat saya. terima kasih sob :)

      Delete
  3. Jadi ingat masa kecil kalo lihat foto2 jadul hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya pengen balik ke jaman dulu. bener nggak sob ? :)
      *jawab bener dong* wkwkwkwk :D

      Delete
  4. wah dulu ternyata kita punya sungai seperti di belanda ya sob, sayang karena ulah manusia, jadi kotor tidak terawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo itu saya nggak tau Pak El, soalnya belum pernah ke Belanda. Jadi nggak bisa bandingin sungai di tanah air dengan sungai di Belanda :)

      Delete
  5. belum terkontaminasi dengan polusi...masih bersih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak Iis, belum terkontaminasi. kalaupun ia mungkin cuma 3% dari 100% kontaminasi saat ini :)

      Delete
  6. Waah bener-bener udah makin berubah zaman ini.. entah apa yang terjadi 20 tahun kedepan... rasanya lebih damai dan nyaman dulu yah kalau di liat dari fotonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas nyaman dulu sob, tapi kita juga harus bersyukur untuk beberapa keadaan saat ini. kalo tetep aja kayak indonesia dulu, mungkin kita nggak bisa ngobrol disini nih sebagai blogger tanah air. :)

      Delete
    2. pastinya tapi biasanya yang alami dan jadul lebih berkesan =P
      suasana ingin bersua masih bergetar kayak dulu belom ada komunikasi semudah sekarang *kok gw kaya jadul banget dah..

      iya apaun harus disyukuri =)

      Delete
  7. Indonesia tempo dulu, sebelum gua di lahirkan, ckckck...
    meski sudah jaman modern pasti ada suatu tempat yang menginggatkan kita untuk merasakan indo tempo doeloe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, dimalang juga masih banyak gedung atau bangunan indonesia tempo doeloe. :)

      Delete
    2. kalo bangunan atau gedung tempo dulu sih di jakarta juga ada, dan mungkin ini udah terkenal banget ya, nama tempat ya Kotu = Kota Tua, orang jakarta hampir semuanya udah kesini :D

      Delete
    3. nggak mau kalah dong, di malang setiap tahun ada MTD (Malang Tempo doeloe).... hhe
      nggak pernah denger tu sob, kota tua! wkwkwkwk :)

      Delete
    4. Gua ngga pernah denger tuh MTD, kalo kotu semua org jkt juga tau, coba deh lo search di google tentang kotu, behh mantapp banget sob. tapi sayangnya disana udah ga asing dengan pemandangan pengemis.... mulai dari anak kecil sampe kakek2 ada disana pengemisnya, ckckckck.....

      Delete
    5. Wah, sayang ya, banyak pengemisnya.... Seandainya pengemis-pengemis itu dipekerjakan saja, mungkin bisa jadi "cleaning service"-nya KoTu, daripada ngemis, mending kerja, udah berusaha, bisa dapet uang, hehehe... BTW, ane baru denger juga lho KoTu, thank sobat Fahmi, apalagi MTD, ane baru denger di sini juga, thanks juga buat Sobat Ilham, wah, enak di sini ya, bisa nambah ilmu, wawasan, dan mempererat tali persaudaraan antar blogger

      Delete
  8. Masih banyak pohon dan pasti langitnya masih biru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya nggak yakin sepenuhnya arti dari kalimat sobat NF hehe :) maaf ya

      Delete
  9. Mantef nih artikelnya bang Ilham..salut bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kq bang sob, ilham aja! kayak nggak enak banget pake bang. hhe
      Terima Kasih sob :)

      Delete
  10. Wau mantap koleksi fotonya Sobat, Saya suka itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sobat suka, ane juga suka. :)
      makasih dah mampir sob

      Delete
  11. wuaahh...keren banget artikelnya, gambar, memang dapat memuat beribu kata dan kalimat.
    gambarnya mantep dan bener-bener sejarah.
    salam sehat selalu dari desa

    ReplyDelete
  12. mampir lagi sobat menyambung silahtuirahmi dan membaca artikel tentang indonesia tempo dolu

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih Pak Guru... hhe musti rajin2 ke astho nih saya

      Delete
  13. wah jadul banget ya ternyata indonesia dulu,, hehehe,

    ReplyDelete
  14. Wah, sobat Ilham, udah ganti baju blognya ya?? Keren banget.... O iya, Indonesia sudah banyak berubah ya, apalagi jalan Braga di Bandung tuh, widiihh... Berubah drastis, coba ada gambar "saat ini" sob, biar bisa dibandingin, hehehe, (just usul), itu ada gambar, motor apa sepeda ya? Wkwkwkw, wah, ane baru tau kalo ada menara eiffel dari bambu, kreatif deh, Indonesia tempo doeloe bagus juga ya, tenang suasananya....

    ReplyDelete
  15. melihat foto ini jadi terbayang bangunan tempo dulu dan bersejarah yang sudah dibongkar demi kepentingan bisnis semata :

    ReplyDelete
  16. wahhh, lihat bangunannya tersa tempo doeloe deh.. hehehe
    kok bahasa gua jadi ikutan tempo doeloe yah :)

    ReplyDelete
  17. Di semarang juga ada kota lama...
    Mengingat jaman dahulu

    ReplyDelete
  18. Belum pernah ada di jaman itu, tapi rasanya saya pengen menikmatinya untuk merasakan semangat perjuangan dan indahnya alam yang belum banyak tercemar polusi :)
    Nice post

    ReplyDelete
  19. kebayang jalan kaki di tempat itu. indah banget ya

    ReplyDelete
  20. wah belum ada postingan terbaru nih sobat???

    ReplyDelete
  21. Dateng lagi sobat, menyimak postingan "nostalgia" ini sambil menunggu postingan menarik terbaru lainnya sobatku. hehehe

    ReplyDelete

 
Copyright © 2013 Obachti 95 . Powered by Blogger . All Rights Reserved