Sisi Sisi Blog

Tanpa ada niatan untuk menjatuhkan, saya mengakui bahwa blogger lebih bermanfaat jika dibandingkan media online lainnya. Misalnya facebook dan twitter, 2 website ini sudah merajai penduduk seluruh dunia. Dari kalangan muda hingga tua, sudah pasti tau bagaimana website ini dioperasikan. Padahal ada yang lebih bagus dari itu, yaitu Blog. Dari blog kita belajar dan pelajaran berharga.

Belajar apa kita dari blog?

Dari blog kita belajar berkarya dalam bentuk tulisan. Mengasah kita untuk menuangkan ide-ide bernilai dalam bentuk postingan. Kritis terhadap lingkungan yang selalu dapat kita kaji.

Nah terus, pelajaran berharga apa yang kita dapatkan dari blog?

Blogger bukan hanya sekedar menulis dan kemudian kita tinggalkan tulisan kita sendiri didinding blog kamu. Cobalah carikan teman untuk tulisan kalian! Caranya adalah dengan blogwalking, jalan-jalan untuk sekedar mengomentari tulisan rekan blogger lainnya. Dari situ tanpa kita sadari kita mendapatkan pelajaran baru, sebelum dapat mengomentai tentu tidak bisa berkomentar jika kita belum membaca tulisan sahabat blogger lain. Dari membaca itulah pelajaran berharga yang kita dapatkan.

Sedangkan facebook dan twitter adalah sebagai alat untuk kita mempromosikan blog kita, bukan sekedar untuk ngasih jempol dan saling mention (@).

Kita lihat dari seorang Raditya Dika. Sekarang orang Indonesia mana yang tidak tahu. do’i berhasil menjadi penulis. Berhasil menjadi stand up comedian. Berhasil menjadi orang yang dapat menginspirasi orang lain. Do’i sukses dari karya-karya bukunya itu berawal dari pengalamannya bermain blog. Kreatifnya doi dalam menuangkan pengalamannya dalam blog hingga dapat didaur ulang menjadi sebuah buku yang laku dikalangan pembacanya.

Blog juga dapat menjadi sebuah media untuk mengais dollar-dollar. Banyak sekali blogger yang memanfaatkan blognya untuk mengais rizki dari iklan-iklan banner. Para blogger juga menggunakan blog sebagai media pemasaran jajanan mereka. Karena blog memiliki kelebihan dalam penggunaan karakter huruf yang banyak.

Silaturrahmi lebih hidup pada blog, saling memberikan award atau penghargaan merupakan support sesama blogger untuk dapat terus berkarya. Ada lagi acaranya rekan blogger yang saling memberikan pertanyaan berantai, menurut saya ini sungguh mengasikkan.

Oh! Dari sisi fashion. Blog juga memiliki fashion sendiri loch, jadi kita tidak terikat dengan tampilan yang disediakan si master website. Jika dalam facebook ataupun twitter kita hanya pasrah pada si Admin fashion kita adalah biru dan hijau. Namun dalam blog kitalah yang menjadi admin. Kitalah yang menyesuaikan baju kita sendir, tampilan blog kita tergantung seberapa kerja keras kita untuk mempercantik tampilannya. Dari itu kita mendapatkan pembelajaran sebuah kerja keras dalam membuat tampilan blog kita. Bagaimana selera kita, sekali lagi kita dapat menyesuaikannya. /ib

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 Obachti 95 - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger