You are here → Home √ Penyebab Air Laut Asin

Penyebab Air Laut Asin

Dipublikasikan oleh Ilham Bachtiar pada Sabtu, 30 Juni 2012

obachti 95 - Mengapa air laut rasanya asin ? Fenomena ini banyak yang mempertanyakan dan mungkin banyak pula yang belum tahu jawabannya termasuk saya. Untuk itu saya akan menyampaikan ringkasan tentang fenomena tersebut

Sebetulnya rasa asin pada air laut berasal dari daratan , kronologisnya begini . Pasa saat terjadi hujan didaratan air akan meresap dalam tanah dan sedikit demi sedikit akan keluar lagi melalui sungai-sungai dan akhirnya mencapai laut . Nah pada saat perjalanan menuju ke laut tersebut air dari daratan juga membawa garam-garam mineral sehinga laut dipenuhi garam-garam mineral.

Kita mengetahui laut mempunyai permukaan yang sangat luas sehingga hal ini menjadi salah satu faktor penguapan yang cukup besar , pada saat air laut menguap yang menguap hanyalah H2O (air ) sedang garam garam mineral tetap tinggal bersama air laut , begitulah sehinggga air laut rasanya asin . Kadar keasinan air laut ini dipengaruhi oleh faktor suhu, biasanya semakin panas daerah tersebut air lautnya semakin asin. Lalu kenapa air di danau itu tidak berasa asin padahal airnya juga dari daratan ? Jawabanya karena permukaan air danau tidak cukup luas sehinggga penguapannya tidak begitu besar, maksudnya air yang menguap dengan air yang masuk ke danau masih balance dan sumber mineralnya sangat terbatas beda dengan laut yang sumber mineralnya dari berbagai penjuru dunia menjadi satu

Demikian ringkasan ini semoga ada yang mengambil manfaatnya. Sumber

39 Komentar:

  1. wahhh gitu yah sob :))
    manteb dah, gua kira ikannya berkeringat jadi air lautnya asin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikannya udah pake deodoran sob, jadi keringetnya udah kagak asin lagi. :)

      Hapus
  2. Oh begitu toh penyebab air laut menjadi asin.. Ini suatu ilmu pengetahuan yg luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sob, pengetahuan memang selalu membuat kita terkejut akan faktanya

      Hapus
  3. Ternyata karena faktor luas yang menyebabkan laut asin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. he'eh sob... baru tau kan. saya sendiri begitu :)

      Hapus
  4. faktor luasnya daerah.. hmmm.. keren.. jadi tau banyak nii.. iia saiia kira sama ma komn pertama.. ikannya keringetan.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe sekarang ikan udah pada pake deodoran sob :)

      Hapus
  5. owh ternyata begitu toh, ane baru tahu sob, dulu disekolah ga belajar ini, apa lupa yah hehe...trims banget ilmunya, sangat bermanfaat:}

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keknya lupa deh Pak. Biasa lah... Otak udah konsen sama blog jadi gini nih..... Xixixi

      Hapus
  6. makasih sob sharenya..ane jadi nambah ilmu ne..

    BalasHapus
  7. Baru tahu saya sob, kirain emang dari sononya sudah asin hehee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari sono mana sob maksudnya..... Xixixixi

      Hapus
  8. Yahaa pernah dijelasin dulu sama guru biologi, sekarang baca lagi jadi gak lupa heheh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga dapet pesen dari guru biologi kamu. Katanya aku suruh ngingetin kamu soal ini xixixixixi

      Hapus
  9. Bisanya asin tu dri daratan tow.
    Baru tau aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya senduru juga baru tau koq. Mungkin dulu sudah pernah diajarkan pas SD tapi namanya manusia gak jauh2 dari lupa. Hihihihihi

      Hapus
  10. oh gitu ya mas.. jadi alasannya karena permukaan laut yang lebih luas.. gak kayak danau.. trus asinnya berasala dari mineral di daratan ya.. baru tau saya sob.. mantap ilmunya :)

    oya yuk kita saling follow :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadi udah ke blog sobat tapi nggak nemu tempat follownya dimana. jadi dimana sob? semoga di balas

      Hapus
  11. Mengunjungi blog anda dan sudah join this site! salam kenal semua!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sobat, buat follownya. :)

      Hapus
  12. haha dulu gw sempet ga percaya kalau rasanya asin, dan gw cobain ternyaata emang asin LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixi ada-ada aja nih, emang gk pernah main ke laut nih?

      Hapus
  13. Dengan ilmu pengetahua seperti ini tentu akan menambah wawasan bagi kita semuah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sob, mencoba mengulang kembali pelajaran yang telah terlupakan.

      Hapus
  14. hadir lagi untuk baca-baca sob :))
    wahaha, ternyata ikannya gak keringatan yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keringetan sih iya, tapi mereka keknya udah pada pake deodoran tuh.

      Hapus
    2. hahahaha bikin lucu aja dah...ikanya pak AC tuh

      Hapus
  15. tapi kalo danau yang berubah warnanya karena kadar garam itu gimana sob ? sumbernya kan juga sama dikit . :)

    BalasHapus
  16. ou karena perjalanannya mengandung dan menyeret garam mineral ya. logis juga.. tenkyu nie, dapet pengetahuan baru.

    BalasHapus
  17. ini pernah di ajarin di sekolah dasar nih, tapi lupa alasannya, jadi diingetin lagi deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe saya juga diingetin sama sumbernya... :)

      Hapus
    2. kawan kamu dapet materi tentang terjadinya laut asin dari sumber mana?

      Hapus
    3. Nah, itukan udah saya cantumkan sumbernya gan.

      Hapus
  18. masih belum puas ne penjelasanya.tpi cukup bgt namabah pngetahuanku

    BalasHapus

 
Copyright © 2013 Obachti 95 . Powered by Blogger . All Rights Reserved