Ringankan Loading Blog

obachti 95 - Jika kamu rasa blog kamu mempunyai loading yang berat, wajib baca ini. Kenapa? Karena mereka yang benar-benar ingin menikmati konten kamu telah datang. Kalo kamu nggak lakukan tips ini saya yakin mereka yang benar-benar ingin menikmati konten kamu sedangkan yang mereka miliki adalah koneksi internet yang lambat. Menutup browser adalah solusinya karena menuggu adalah hal yang paling membosankan di dunia. Jadi Waspadalah! Waspadalah! Waspadalah!
#Sambil nunjuk kd layar, kayak bang napi tuh!

Tips ini cuma sekedar share aja, mungkin bisa membantu sahabat yang blognya berloading lama ataupun yang udah ringan diringankan lagi. Langsung aja cekidot :

Pertama, Gunakan Widget seperlunya saja. Gunakan yang menguntungkan bagi blog kamu saja, misalnya widget itu menguntungkan kita untuk menambah view post. kayak artikel terpopuler itukan membantu. Nah kalo widget-widget yang nggak penting atau fungsinya nggak menguntungkan kita, buang aja. Kayak jam dan tanggal, mereka kan udah punya jam ditangannya, di hp, di laptopnya, didinding rumahnya. #nggak tau kenapa saya juga pake widget jam. hehe

Kedua, Buat Source Code sendiri. Pernah nemu kayak gini kan : http://namaakun.googlecode.com/files/namafile.js Ini bisa bikin blog kita loadingnya lama. Coba bayangin kalo kamu pake tutor saya. Tutor itu menggunakan fasilitas itu, bayangin lagi kalo yang pake tutor saya sepuluh orang atau sepuluh blog. Pada saat yang bersamaan kesepuluh blog itu dibuka pengunjung secara bersamaan otomatis source kode dari googlecode akan digunakan oleh 10 pengunjung sekaligus. Jadi sebaiknya kamu copas kode yang saya cantumkan dan buat media sendiri. bukan maksud saya pelit kode cuma bantu aja biar load blog sobat nggak lemot, kalo nggak pengen repot ya pake aja punya saya. :)

Next. Buat hostingan gambar sendiri. Sistemnya sama kayak source kode. kalo yang pake gambar itu sepuluh orang, dan dilihat 10 orang sekaligus. Loadingnya pasti lama, saya yakin dengan ini. Saya memakai picasaweb.google.com untuk hostingan gambar. (telah diperbarui)

Keempat, Compress Template kamu. Pada kode HTMl, CSS, JavaScript, pasti ditemukan banyak spasi. Nah, spasi tersebut sangat tidak penting. Tahukah kamu, satu karakter spasi size nya sama dengan karakter yang lain. Ratusan spasi di blogmu, tentu saja menjadi ratusan penghambat loading dan memberatkan blog. Jadi hapus saja spasi-spasi tersebut. Contoh cara menghapus spasinya seperti apa? Seperti dibawah ini. Misalkan kode awal seperti ini :

     <head>
        <title>JUDUL BLOG KALIAN</title>


Jika kamu menghapus spasi kodenya akan seperti ini :

<head>
<title>JUDUL BLOG KALIAN</title>
Kelima, Buat Halaman Khusus untuk bertukar banner dan bukutamu. Keuntungannya adalah menambah view blog kamu. Bayangin lagi nih, kalo kamu pasang cbox, shoutmix atau yang lain di sidebar blog atau juga dengan jquery pop up window. blogger yang sukanya buru link dari cbox ini akan langsung pergi setelah membuka blog kamu ditemukan cbox disidebar mengisi jejak. pergi deh..

Next, Satukan Beberapa Widget dalam satu tempat. Yang biasa dilakukan para blogger newbie adalah : Klik Tambah Gadget, Pilih HTML/JavaScript, iya kan ? ngaku deh. Nggak tau ya kalo itu kebiasaan buruk. Yang bener jadikan satu, dan jangan lupa beri judul pada setiap perbedaan JavaScript. tambahkan <h2>judul widget</h2>

6, Buang musik player. fungsinya apa coba ?

Itu aja sih tips dari saya, Semoga Bermanfaat.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 Obachti 95 - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger