You are here → Home √ Alun-Alun Kota Wisata Batu Masuk Rekor MURI

Alun-Alun Kota Wisata Batu Masuk Rekor MURI

Dipublikasikan oleh Ilham Bachtiar pada Monday, April 30, 2012

Tidak saya duga Alun-alun Kota Wisata Batu (KWB), Jawa Timur. Mendapat sebuah penghargaan semalam. Tak tanggung-tanggung lagi Alun-alun KWB mendapat 2 penghargaan, ini diberikan oleh MURI indonesia semalam (29/4). Acara semalam juga mendatngkan Band indonesia dari Jakarta yaitu Hello, semalam di sampaikan oleh ketua MURI, alasan mengapa Alun-alun KWB mendapatkan penghargaan ini karena warga Kota Batu bisa bersama-sama menjaga taman rekreasi keluarga itu bebas dari rokok dan pedagang asongan dengan penuh kesadaran tanpa ada paksaan. Beliau juga mengatakan, Kondisi seperti itu, tentu sangat langka di Indonesia. Jika ada kawasan bebas rokok, hal itu harus dilakukan tindakan represif yang berlebihan.




Walaupun saya bukan anak "tulen" di KWB ini, saya turut bangga dengan adanya penghargaan ini. Karena saya sudah sejak tahun 2008 tinggal di KWB tercinta. Sebagai gambaran, Alun-alun Kota Wisata Batu adalah tempat bersantai bersama keluarga. Dilengkapi berbagai fasilitas tempat duduk eksklusif stanlish beratap glosy transparan yang berfungsi sebagai smoking area yang berada di sudut bagian barat sebelah utara dan selatan. Berjumlah 4 lokasi, di tempat duduk itu siapapun bisa memandang kemolekan Alun-alun maupun panorama pegunungan yang mengililingi kota sejuk di Jawa Timur ini. Bahkan di sore hingga malam hari, tak jauh dari lokasi duduk sebelah utara, tampak beberapa personel grup musik mengiringi ayunan langkah demi langkah para pengunjung dalam memaknai artistiknya Alun-alun. Mereka begitu santun secara berkelompok dan berdiam sembari memainkan musik-musik tradisional dan musik trendi, meski harus sabar menerima uluran tangan pengunjung yang melintas dan menikmati sajian musiknya.


Tak ketinggalan, bagi yang ingin menikmati panorama Kota Wisata Batu dan sekitarnya dari ketinggian, para pengunjung dapat menaiki “Bianglala” yang berputar pelan dari bawah hingga ke puncak berketinggian lebih dari 60m. Dari sana hamparan luas pegunungan dan hijaunya tanah hutan dan ladang pertanian masyarakat tampak menawan, disertai banyak bangunan perumahan penduduk, hotel berjajar rapi dan obyek-obyek wisata yang datar nan menjulang. Demikian, bagi keluarga yang membawa anak-anak, di Alun-alun juga disediakan beberapa Playground anak yang bisa dinikmati secara gratis.


Satu lagi, guna melayani para pengunjung dalam menikmati Alun-alun dan suasana Kota Wisata Batu, juga disediakan Gedung berbentuk Apel untuk sarana toilet umum yang cukup bersih. Bahkan, Pemkot melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Wisata Batu menyediakan layanan informasi pariwisata secara umum di Gedung Strawberry yang terletak di ujung paling barat Alun-alun ini. Maka itu, tak perlu berdebat, semestinya kita terus membuktikan untuk mendatangi dan menikmati sebuah “Jantung Kota” yang penuh pesona dari daerah sentra wisata di Jawa Timur ini.

Selamat datang di Alun-alun Kota Wisata Batu. ^^

5 Komentar:

  1. Replies
    1. nikmatnya masyarakat Kota Wisata Batu,suatu Kebanggaan luar biasa

      Delete
  2. monggo homestay dekat BNS, JTP2 n ECOGREENPARK http://homestaybatujawatimur.blogspot.com/

    ReplyDelete

 
Copyright © 2013 Obachti 95 . Powered by Blogger . All Rights Reserved