Sedikit Tentang Otak Kiri dan Kanan

B
uat kamu yang pengen tahu lebih dominan mana antara otak kanan dan otak kiri. Otak kiri dan otak kanan memiliki perbedaan yang sangat jauh, banyak sekali perbedaan diantar keduanya. Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.



Belahan otak mana yang lebih baik? Keduanya baik. Setiap belahan otak punya fungsi masing-masing yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. Akan tetapi, menurut penelitian, sebagian besar orang di dunia hidup dengan lebih mengandalkan otak kirinya. Hal ini disebabkan oleh pendidikan formal (sekolah dan kuliah) lebih banyak mengasah kemampuan otak kiri dan hanya sedikit mengembangkan otak kanan.

Ada banyak cara untuk mengetahui apakah seseorang dominan otak kanan atau dominan otak kiri. Misalnya dengan melihat perilaku sehari-hari, cara berpakaian, dengan mengisi kuisioner yang dirancang khusus atau dengan peralatan Electroencephalograph yang bisa mengamati bagian otak mana yang paling aktif.
Apa itu Electroencephalograph ? 

Salah satu cara mengetahui dominan mana antara otak kanan dan kiri.
Perhatikan Gambar Berikut : Photobucket

Apakah yang kamu lihat dari gambar tersebut? Apakah gambar cewek ini berputar searah atau berlawanan dengan arah jarum jam? Atau mungkin juga berubah-ubah arah?

Jika kamu melihat gambar cewek ini berputar searah jarum jam maka kamu sedang menggunkan otak kanan. Dan jika kamu melihat gambar cewek ini berputar berlawanan arah jarum jam makan kamu sedang menggunakan otak kiri. Dan jika berpindah-pindah maka kamu sedang menggunakan otak kanan dan kiri secara bergantian. Mudah kan?

Kalau kamu sulit untuk mengubah arah dari searah jarum jam menjadi berlawanan jarum jam, berarti kamu dominan menggunakan otak kanan. Begitu juga sebaliknya. Nih saya kasih gambar buat yang susah untuk mengubah arah berputar si cewek ini. 

Gabungan Kedua Gambar : 

Dalam belajar sering kali kita terlalu menggunakan otak kiri, padahal yang diperlukan adalah keseimbangan antara keduanya. Untuk itu daya imajinasi, kreatifitas yang ada pada otak kanan harus juga dimanfaatkan. Semoga Bermanfaat Photobucket 

Sumber : http://www.hsp21.com, http://www.terapimusik.com, http://www.scribd.com

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 Obachti 95 - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger