Sedikit Tentang Otak Kiri dan Kanan

Obachti 95

Blogger friendly sharing

Sedikit Tentang Otak Kiri dan Kanan

Jane Doe By Jane Doe 12
B
uat kamu yang pengen tahu lebih dominan mana antara otak kanan dan otak kiri. Otak kiri dan otak kanan memiliki perbedaan yang sangat jauh, banyak sekali perbedaan diantar keduanya. Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.



Belahan otak mana yang lebih baik? Keduanya baik. Setiap belahan otak punya fungsi masing-masing yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. Akan tetapi, menurut penelitian, sebagian besar orang di dunia hidup dengan lebih mengandalkan otak kirinya. Hal ini disebabkan oleh pendidikan formal (sekolah dan kuliah) lebih banyak mengasah kemampuan otak kiri dan hanya sedikit mengembangkan otak kanan.

Ada banyak cara untuk mengetahui apakah seseorang dominan otak kanan atau dominan otak kiri. Misalnya dengan melihat perilaku sehari-hari, cara berpakaian, dengan mengisi kuisioner yang dirancang khusus atau dengan peralatan Electroencephalograph yang bisa mengamati bagian otak mana yang paling aktif.
Apa itu Electroencephalograph ? 

Salah satu cara mengetahui dominan mana antara otak kanan dan kiri.
Perhatikan Gambar Berikut : Photobucket

Apakah yang kamu lihat dari gambar tersebut? Apakah gambar cewek ini berputar searah atau berlawanan dengan arah jarum jam? Atau mungkin juga berubah-ubah arah?

Jika kamu melihat gambar cewek ini berputar searah jarum jam maka kamu sedang menggunkan otak kanan. Dan jika kamu melihat gambar cewek ini berputar berlawanan arah jarum jam makan kamu sedang menggunakan otak kiri. Dan jika berpindah-pindah maka kamu sedang menggunakan otak kanan dan kiri secara bergantian. Mudah kan?

Kalau kamu sulit untuk mengubah arah dari searah jarum jam menjadi berlawanan jarum jam, berarti kamu dominan menggunakan otak kanan. Begitu juga sebaliknya. Nih saya kasih gambar buat yang susah untuk mengubah arah berputar si cewek ini. 

Gabungan Kedua Gambar : 

Dalam belajar sering kali kita terlalu menggunakan otak kiri, padahal yang diperlukan adalah keseimbangan antara keduanya. Untuk itu daya imajinasi, kreatifitas yang ada pada otak kanan harus juga dimanfaatkan. Semoga Bermanfaat Photobucket 

Sumber : http://www.hsp21.com, http://www.terapimusik.com, http://www.scribd.com

12 comments

  1. informasi yang sangt menarik sekali mengenai otak kiri dan otak kana sobat...

    ReplyDelete
  2. Focusku jadi gambar ceweknya yang berputar putar, kira - kira itu pakai baju kagak ya ?? :)
    Harus perlu latihan biar seimbang ya gan, biar otak kita sama - sama jalan antara kanan dan kiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud ane, posting itu buat ngetes dominan mana otak kiri atau otak kanan kita sob...
      kalo dominan otak kiri, wanita itu akan muter searah jarum jam. dan sebaliknya.....

      Delete
  3. seperti yang dibahas di bukunya Ippho santosa yang judulnya 7 keajaiban rejeki, disitu ia menjelaskan antara otak kanan dan otak kiri :)

    ReplyDelete
  4. Xixixi... bagus juga gambarnya sob..
    Betul sob, kita harus seimbang menggunakan otak kiri dan otak kanan..

    ReplyDelete
  5. ini bukan sedikit sobat sudah banyak mengenai otak kiri dan kanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya maaf sekedar posting aja... bingung mau share apalagi Pak Guru...

      Delete
  6. dih oke banget nih penjelasan ada gambar counter clock, dari dulu gw pnasaran.. gw ga bisa ngeliat yang kebalikan arah jam..

    tapi stlah ada gambar yg kaki warna orange jadi bisa!

    ReplyDelete
  7. In order for garden areas that may have a good number of shrubbery to hedges, kinds of lighting style can often illuminate
    some varieties of flowers, it's possible compress your at shrub trunks in addition roughly around dangling vegetations close to the outdoor patio. Here are a couple an increased amount probably the most night clubs in just Murcia London. They're just useful
    options vitamin k. In most cases the insiste to reduce
    a major by a bowel is also was, if you're able to remedy the item. The symbolism inside their new songs is not a effort inside any kind of bang during ear drums instead a real waste while in the thought. In the case when bv was not processed inside a safe and sound amount of time it can lead to pelvic the bodies illness, tubal getting, too, pre-term lose sleep clothes baby.

    my site; coffee & espresso

    ReplyDelete

Post a Comment