You are here → Home √ Tips Aman Makan Mie Instan

Tips Aman Makan Mie Instan

Dipublikasikan oleh Ilham Bachtiar pada Kamis, 31 Mei 2012

Mie Instan
obachti 95 - Mie instan terlihat aman-aman saja ketika dimakan, karena rasanya yang enak dan mudah dimasak. Akan tetapi, apabila dikonsumsi secara rutin dan berkesinambungan, dampaknya sangat tidak baik bagi kesehatan. Bahkan, dalam jangka yang relatif lama dan dimakan secara rutin, mie instan bisa dikatakan “mematikan” bagi tubuh. Betapa tidak, dengan pengawet, pewarna, penyedap, dan berbagai ramuan kimia lainnya yang terkandung di dalam mie instan, akan berdampak yang tidak baik bagi kesehatan.

Apalagi bagi anak kecil di mana tingkat imunitasnya masih rentan, sehingga perlu mendapat perhatian khusus serta pendampingan bagi anak-anak agar tidak sering makan mie instan, termasuk makanan ringan yang mengandung zat yang sama dengan mie instan. Salah satu penyakit yang akan dialami “penggila” dalam jangka waktu yang relatif lama diantaranya adalah kanker dan gagal ginjal. Oleh karena itu, saya ingin berbagi tips agar kita dapat mengkonsumsi mie instan dengan aman. Diantaranya sebagai berikut :

1. Jangan makan mie instan dalam kondisi mentah, belum direbus.

2. Rebus mie instan dengan kapasitas air yang banyak. Setelah masak, buang air rebusan, sisakan mie instan. Kemudian ganti air rebusan tadi dengan air baru panas–mendidih, biar rasanya tetap enak.

Mie Instan
3. Campurkan sayuran hijau. Pengalaman penulis, biasa merebus mie instan bersama rajangan kubis, sawi, tomat, seledri, daun bawang, bawang merah, bawah putih, cabai, bisa juga irisan mentimun, atau telur, ayam, udang, dan lain sebagainya. Selain rasanya semakin enak, cara ini juga sebagai upaya stabilisasi (netralisasi) komposisi agar yang dimakan mengandung bahan organik yang sangat sehat.

4. Minum air putih minimal 500 ml (2 gelas) setelah makan mie instan, lebih banyak air putih lebih baik.

5. Minum susu *ini harus* setelah minum air putih, secukupnya. Lebih banyak lebih baik.

6. Boleh minum air kelapa setelah makan mie instan, tetapi cara ini opsional. Bisa dilakukan, bisa juga tidak.

7. Makan mie instan maksimal 3 bungkus per minggu. Semakin jarang, semakin baik. Jangan jadikan mie instan sebagai pengganti makanan pokok (nasi), tetapi jadikan pelengkap ketika “pengen banget” makan mie instan.
Mie Instan Yang Aman Di Konsumsi

Semoga Bermanfaat

27 Komentar:

  1. makasih tipsnya sob, nomer 2 sama 7 yang sering terlupakan, pengen buru2 makan soalnya hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... sekarang saya sudah jarang sekali makan mie sob.. malah seminggu kadang nggak satupun.. terima kasih kehadirannya

      Hapus
  2. Bener sekali tipsnya sob, saya juga kalo bikin mie suka ditambahin sayur2an biar agak netral :)

    BalasHapus
  3. Aku paling suka dengan segala mie, biasanya jika aku bikin mie pakai daun singkong, atau daun muda pepaya atau pakai kangkung :P
    Terimakasih atas tips nya, akan aku ganti air rebusannya jika nanti masak mie. Salam super !

    BalasHapus
  4. ada kandungan lilin dalam mie instan yang katanya hanya bisa dicerna dalam waktu 3 hari, jadi sebaiknya makan mie itu minimal 3 hari sekali aja

    BalasHapus
  5. Bener. Teman saya mengalami gagal ginjal, kata dokter salahsatu penyebab terkuat ya makan mie ini.

    BalasHapus
  6. tiap hari saya makan mie instan, maklum kadang jadi anak kos sobat, hehehhe

    BalasHapus
  7. Oalaah udah jarang makan mie instan, soalnya suka diomelin Mama. Tapi gimana lagi yah orang aku gak doyan sayur. Eh emang ada yang suka makan mie instan mentah gak direbus dulu? Hih! >_<

    BalasHapus
  8. coba main ke jogja.. pasti banyak warung yang jualan utamanya dari penjualan mie instan.. :D

    kalo ane, tambha telur makin oke.. :)

    BalasHapus
  9. khusunya anak2x makan mie instan harus dibatasi dikarena pencernaannya masih labil. kalau yang aku tahu makan mie instan itu bisa ke cernak oleh usus kita selama 10 hari....sungguh mengerikan karena bahan pengawetnya akan mengendap di usus dan oleha sebab itu bisa menyebabkan usus buntu......

    salam kenal

    BalasHapus
  10. hehe.. tips yang okee bang.. saya juga dapat referensi tentang mie dari Trans TV... :D
    oia.. baru sadar nih.. templatenya OKKKK... :D

    BalasHapus
  11. kalau saya sob mencoba jauh dari mie instan.. soalnya gak cocok sama perutt. . hehehe

    BalasHapus
  12. wahhh, manteb nih sobat..

    oya saya suka gambar yang paling bawah tuh, mienya lengkap :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ambil aja sob kalo suka.... wkwkwkwk

      Hapus
  13. kembali hadir sob, sambil nyari2 postingan baru :)

    BalasHapus
  14. Nomer 2 dan 4 sering lupa nih sob :D

    BalasHapus
  15. ilmu yang berguna, terutama poin 2 dan 3, karena kebanyakan tidak seperti itu cara pengolahan yang sering dilakukan.
    salam sehat selalu

    BalasHapus
  16. mie instan sekarang banyak digemari. bahkan jadi makanan pokok

    BalasHapus
  17. malem2 gini baca ginian, jade pengen makan mie goreng yang puedeeeesss. Tapi sayangnya baru tadi pagi udah makan mie juga, jadi baiknya harus nunggu 2 hari lagi ya, he...he....he.....

    BalasHapus

 
Copyright © 2013 Obachti 95 . Powered by Blogger . All Rights Reserved